Friday, October 31, 2014

Data Missmatch yang bikin pusing kepala (FOXPRO)

kemarin nih pas ada kuliah Foxpro, dosen ngasih quis bikin table + form Mata Kuliah. Dosen cuma ngaasih clue field nya ada kd_mk, nm_mk, sks, smt. dimana kd_mk disini ada kode matakuliah, nm_mk adalah nama matakuliah, dan smt adalah semester.

  • field kd_mk pake character
  • field nm_mk pake character
  • field sks pake numeric
  • field smt character
nah dengan PD nya nih karna semalem sebelumnya gua uda belajar dan malah posting juga d blog, gua PD dong pasti bisa nih ngerjain.. apa lagi di iming-imingi sama dosen yang selese langsung pulang + dapet nilai ..
wah tambah semangat + PD kan gua :D

alkisah udah semua ni table dan form mata kuliah udah gua kerjain, semua coding juga udah kan.
nah giliran di RUN, lah lah ko .. muncul keterangan data missmatch.

  

pusing ni gua ampe sore jam setengah 5 belum ketemu juga apa masalahnya. gua coba suspen, muncul kan keselahannya dimana.


 noh muncul keterangan kaya d atas,
mikir mikir.. perasaan udah bener semua coding nya deh, kok masih belum bisa.????

nah akirnya setelah sekian lama pusing, ternyata kesalahan ada di coding pada form1, 


terus emang apa yang salah dengan coding d atas?

gua baru inget, saat bikin tabel pada field sks gua pake tipe numeric. harusnya kan numeric ga pake tandan petik (" ") tapi harusnya pake NOL ( 0 ).


noh setelah di edit yang tadinya pake tandan petik sekarang di ganti pake NOL (0), coba deh d RUN.
dan akirnyaaaa... SUSKSES!!! HOREE PULAANG... hahaha