Friday, October 28, 2016

Nokia Cerai dengan Microsoft, Nokia Siap Luncurkan HP Android



Kontrak antara Nokia dan Microsoft telah habis di akhir Desember 2015 kemarin. Kini Nokia bisa memasarkan kembali HP dengan brand Nokia kembali, setelah dilarang menggunakan nama Nokia karena terikat kontrak dengan Microsoft.

Habisnya kontrak antara Nokia dam Microsoft ini membuat pihak Nokia akan mulai memasarkan produk-produk HP terbarunya, kini dengan Android bukan dengan Windows Mobile lagi. Diharapkan dengan menggandeng Smartphone berbasis Android ini, Nokia dapat kembali bersaing di pasar ponsel. Setelah merajai pasar ponsel pada era 1990-2000an lalu.

Kembalinya Nokia ke pasar ponsel ini tidak main-main, pihak Nokia menggandeng Pekka Rantala sebagai Chief Marketing Officer. Ia sebelumnya adalah CEO Rivio, perusahaan dibalik melejitnya game Angry Bird. Ia dulu juga pernah bekerja di Nokia selama 17 tahun.

Bocorannya, Nokia bakal mengusung 4 model smartphone. Dua diantaranya merupakan smartphone flagship yang rencananya diluncurkan akhir tahun ini. Sisanya akan dirilis tahun depan.



Nokia P1, ya rencananya smartphone Android perdana Nokia yang akan diluncurkan diberi nama Nokia P1. Dapur pacunya menggunakan chipshet Qualcomm Snapdragon 820.

Nokia P1 akan diusung Android terbaru, Android Nougat. Selain itu, layarnya memakai panel IGZO dengan ukuran 5,3 inci dengan resolusi Full HD. Dibekali Ram 3 GB, memori internal 32 GB, kameranya 22,6 MP dengan aperture f/1.9 sertifikasi IP58 tahan air dan debu, baterai 3.000 mAh lengkap dengan fitur pengisian cepat. 

Wow banget Smartphone Android perdana Nokia ini ya manteman? Tentunya ini akan memberi gebrakan di pasar smartphone. 

Nokia juga menggait perusahan HMD Global Oy, perusahaan yang dipercaya mendapat lisensi penjualan produk Nokia dan pendistribusiannya. 

Kita tunggu saja kebangkitan Nokia ini, akankah menyaingi Samsung dan merk-merk smartphone lainnya?.