Thursday, October 27, 2016

Curhatan Supir Truk Tentang Lampu Kendaraan 'yang menyilaukan' Mata



"Bagi para pengendara motor dan mobil pribadi yang memakai lampu LED putih mohon dengarkan keluhan kami para supir truk. Mata kami selalu lelag karena kurang tidur dan istirahat agar muatan kami segera sampai tujuan, tidakkah kalianpun merasa terbantu karena kamipun sering membawa barang/bahan yang kalian butuhkan. Taukah anda anda semua jika berpapasan dengan kalian di jalan mata kita seketika menjadi gelap karena lampu kalian begitu menyilaukan mata. Taukah anda jika mata kami hilang fokus akibat ulah kalian, nyawa kami adalah taruhannya. Bahkan bisa berakibat pada pengendara lain. Bahkan mungkin nyawa anda, jika anda tak percaya cba berdiri di depan motor/mobil anda, apa yang kalian rasakan? Itulah yang kami rasakan. Setidaknya kasihanilah keluarga kami yang senantiasa setia menunggu kami di rumah dengan harapan bisa pulang dengan selamat. Tidakkah kalianpun punya keluarga yg menunggu di rumah..? Kami para supir juga manusia, bukan sampah, setidaknya hargailah kami  meski sedikit... Suwuuun."

Itulah tulisan salah satu netizen yang berprofesi sebagai supir truk di salah satu grup facebook, Persatuan Supir Truk Indonesia.

Manteman pasti sering juga ngalamin kaya gini, mata silau pas papasan sama kendaraan yang berlampu "menyilaukan".  Rasanya gimana? Sebel kan? Nah gimana para supir truk yang harus melek terus matanya agar barang yang diangkutnya bisa sampai ditujuan. Kasihan kan mereka juga manusia.

Sebagai sesama pengguna jalan tentunya kita dituntut untuk saling menghargai satu sama lain, ini demi keselamatan bersama.

Balik lagi ke pribadi masing-masing, jikalau mau menggunakan lampu depan putih "LED" ya harus tetap menjaga kenyamanan bersama pengguna jalan, artinya tidak boleh terlalu silau, jangan terlalu ke atas arah fokusnya, dan sebagainya.

Ingat, keluarga anda menunggu di rumah agar anda selamat dalam perjalanan dan selamat sampai di rumah. Jadi, bijaklah dalam berkendara.