Sunday, January 29, 2012

Save Our World Dengan Menjadikan Blog Kita Go Green

Tags

Berita tentang Global Warming atau Pemanasan Global sudah sering didengung-dengungkan. Salah satu partisipasi untuk menyelamatkan lingkungan dalam hal ini media online atau internet, adalah dengan menghemat energi daya. Sekarang telah ada situs yang mendukung penyelamatan lingkungan berbasis online yang menjadikan website atau blog kita menjadi 'hijau'.


Tahukah anda berapa banyak CO2 yang terpancar saat kita sedang surfing sebuah website? Setiap menit seribu pengunjung yang sedang browsing sebuah website menghabiskan rata-rata sekitar 1.2kg CO2 yang dipancarkan ke atmosfer kita. Untuk mengurangi radiasi CO2 yang dihasilkan oleh monitor komputer kita, sebuah situs bermana Online Leaf telah memberikan solusi untuk mengurangi dampak radiasi ini.
Cukup masukkan sebuah scrip pada website atau blog anda , maka pada posisi siaga (standby) halaman website kita akan menampilkan layar hitam. Hal ini dimaksudkan untuk menutup halaman website dari warna yang cerah dan komponen website lainnya untuk mengurangi konsumsi daya. Dengan demikian website atau blog anda telah mengurangi energi. Hal ini mungkin tidak berpengaruh banyak, akan tetapi apabila jutaan website di internet menggunakan aplikasi ini, tentunya dampaknya akan luar biasa, kita bisa menghemat lebih banyak energi daya.
Bagaimana cara menerapkannya pada blog??
Caranya cukup mudah :
Loggin ke akun blogger kamu 
2. Pilih menu Rancangan
3. Masuk ke Edit HTML
4. Cari kode <head>
5. Tambahkan kode berikut sebelum atau diatas kode 
<script language="javascript" type="text/javascript" src="http://www.onlineleaf.com/savetheenvironment.js"></script>
6. Klik SAVE TEMPLATE
Semoga bermanfaat.