Thursday, September 2, 2010

Penyambungan Kabel UTP untuk Straight Cable dan Crossover Cable

sore ini saya akan memostingkan tentang Penyambungan Kabel UTP untuk Straight Cable dan Crossover Cable. dalam dunia jaringan komputer tentunya tidak lepas dengan yang namanya kabel UTP. untuk menyambungkan atau meng-koneksikan komputer satu dengan komputer lainnya ada yang memerlukan kabel-kabel sebagai media transmisinya. kabel UTP ini adalah salah satu kabel yang digunakan untuk jaringan. kabel UTP ini di mempunyai beberapa macamnya. diantaranya yaitu Straight Cable dan Crossover Cable. masing-masing kabel mempunyai kegunaan dan fungsi sendiri-sendiri.
kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat Straight Cable dan Crossover Cable. langsung saja deh ke pokok permasalahnnya.


a). Straight
     penyambungan dengan sistem straight ini biasanya dilakukan untuk mengkoneksikan komputer dengan hub, dengan kata lain ini biasa digunakan untuk topologi star.
     nah ini merupakan cara penyambungan kabel straight.
    
       pada kedua ujung kabel ini memiliki penyusunan warna kabel yang sama. yaitu ujung kabel 1 : putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, dan putih coklat, coklat.
begitu juga dengan ujung kabel 2: putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, dan putih coklat, coklat.
2). Crossover
     Crossover ini merupakan gabungan antara straight dan cros. kabel crossover biasa digunakan untuk menyambung komputer dengan komputer (client dengan client). karena ini merupakan gabungan antara dua kabel, maka dalam susunan kabelnya pun antara ujung satu dengan ujung yang kedua berbeda. ujung satu disusun dengan penyusunan kabel straight dan ujung satunya lagi cros.
di bawah ini merupakan gambar dan penjelasannya:

   pada ujung satu disusun dengan menggunakan kabel cros, yaitu : putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, dan putih coklat, coklat. dan pada ujung kedua disusun dengan menggunakan kabel straight, yaitu : putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, dan putih coklat, coklat.

1 comments so far

kurang lengkap