Kamis, 25 November 2010

Tugas : Seni Musik *Membranophon*



Beduk atau juga dikenali sebagai tabuh merupakan sebuah gendang yang digunakan bagi menandakan masuk waktu solat di surau atau masjid pada zaman dahulu. Juga digunakan sebagai alat muzik semasa upacara rasmi pada suatu masa dahulu.
Pada kebiasaannya ia diperbuat daripada bingkai kayu nangka yang ditebuk, dan hanya sebelah bukan dipasang kulit.



2. Gedombak
Gedombak merupakan sejenis alat musik dalam keluarga gendhang, yang mempunyai bingkai kayu dan bertutup dengan belulang pada bukaan besar.
Gedombak biasanya dimainkan secara duduk, dengan gedombak diletakkan di bawah ketiak. Ia dimainkan dengan memalu secara langsung menggunakan tangan. Gedombak dimainkan secara berkumpulan bersama-sama beberapa peralatan muzik yang lain.




3. Kompang
Kompang ialah sejenis alat muzik tradisional yang paling popular bagi masyarakat Melayu. Ia tergolong dalam kumpulan alat musik gendhang.Kulit kompang biasanya diperbuat daripada kulit kambing.
Pada kebiasaannya, seurat rotan akan diselit dari bahagian belakang antara kulit dan bingkai kayu bertujuan menegangkan permukaan kompang, bertujuan menguatkan bunyi kompang. Kini, gelung plastik turut digunakan.
Alat muzik ini berasal dari dunia Arab dan dipercayai dibawa masuk ke Tanah Melayu sama ada ketika zaman Kesultanan Melaka oleh pedagang India Muslim, atau melalui Jawa pada abad ke-13 oleh pedagang Arab.
Kompang biasanya berukuran enam belas inci ukur lilit dan ditutup dengan kepingan kulit pada sebelah permukaan. Ia mempunyai bukaan cetek dan dimainkan dengan memegang dengan sebelah tangan sementara dipalu dengan sebelah tangan yang lain.
Cara memalu kompang ialah dengan menepuk kulit kompang dengan bahagian jari-jari atau tapak tangan mengikut rentak. Kompang biasanya dimainkan semasa perarakan, kenduri dan upacara-upacara tradisi lain.
Bunyi yang berlainan dihasilkan dengan membezakan cara bukaan tapak tangan. Bunyi 'bum' di perolehi dengan tepukan di sisi kompang dan tapak tangan dikuncup/rapat. Bunyi 'pak' di perolehi dengan tepukan di tengah kompang dengan jari tangan yang terbuka.
Paluan kompang terbahagi kepada 2 bahagian iaitu paluan tradisi dan paluan moden ataupun kreatif. Paluan tradisi adalah paluan di mana memukul kompang sambil menyayi ataupun bersyair dalam versi Arab ataupun bahsa Melayu klasik. Manakala paluan moden pula di mana paluan tersebut diselitkan dengan gerakan ataupun tarian. Di Sabah, pertandingan kompang sering diadakan untuk memartabatkan kembali kesenian Melayu yang telah hampir pupus ini.
4. Maruas
Maruas merupakan sejenis alat musik dalam keluarga gendhang, yang mempunyai bingkai kayu dan bertutup dengan belulang pada kedua belah permukaannya.




5. Kendang
Kendang, atau gendang adalah salah satu alat musik dalam gamelan jawa yang berfungsi mengatur irama dan termasuk dalam kelompok “membranofon” yaitu alat musik yang sumber bunyinya berasal dari selaput kulit atau bahan lainnya.
Menurut bukti sejarah, kelompok  membranofon telah populer di Jawa sejak pertengahan abad ke-9 Masehi dengan nama: padahi, pataha (padaha), murawa atau muraba, mrdangga, mrdala, muraja, panawa, kahala, damaru, kendang. Istilah ‘padahi’ tertua dapat dijumpai pada prasasti Kuburan Candi yang berangka tahun 821 Masehi (Goris, 1930). Seperti yang tertulis pada kitab Nagarakrtagama gubahan Mpu Prapanca tahun 1365 Masehi (Pigeaud, 1960), istilah tersebut terus digunakan sampai dengan jaman Majapahit.

6. Rebana
Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh.





7. Drum
Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.





8. Bass Drum
Drum bass merupakan instrumen drum dalam keluarga instrumen musik perkusi dengandiameter berukuran besar untuk menghasilkan suara dalam intonasi nada rendah (bass). Terdapattigaklasifikasi umum atas drum bass: drum bas konser, 'kick' drum , danpitched bass drum. Jenis yang umum dilihat atau didengar dalam penampilan orkestra atau concert band adalah drum bass konser. 'Kick' drum merupakan drum bass pada drumkit yang dilengkapi pedal. Picthed bass drum atau disebut pula marching bass drum umumnya digunakan dalam grup marching band, biasanya terdiri dalam beberapa ukuran dengan intonasi nada tertentu yang dapat diatur. Dalam permainan marching band, beberapa pitched drum bass (3 sampai dengan 5 buah drum bass) dalam ukuran berbeda digunakan bersama-sama.


9. Tambo
Tambo adalah alat musik tradisional Aceh. Tambo terbuat dari batang iboh, kulit sapi, dan rotan sebagai alat peregang kulit. Bentuknya sejenis tambur dan dimainkan dengan cara dipukul. Di zaman dulu, tambo berfungsi sebagai alat komunikasi untuk menandakan waktu shalat atau sembayang dan untuk mengumpulkan warga ke Meunasah guna membicarakan masalah-masalah kampung. Saat ini, tambo sudah jarang digunakan karena adanya teknologi modern berupa mikrofon.



10. Tifa
Tifa adalah sejenis alat musik tradisional yang sangat terkenal di daerah Indonesia bagian timur, khususnya Papua. Biasanya tifa digunakan sebagai pelengkap tarian selamat datang di Papua. Selain itu, tifa juga digunakan sebagai pengiring upacara tradisional khas Papua.




11. Gendrum
Gendrum adalah sebuah alat musik hibrida antara gendang dan drum yang dirancang oleh Siswo Harsono pada tahun 1992. Alat musik tersebut biasanya diaplikasi dalam kesenian Gambang Semarang dan dapat juga diaplikasikan dalam kesenian lain seperti jaipongan, campursari, ataupun dangdut. Gendrum terdiri dari sebuah kendang jaipong, sebuah kendang batangan, dua buah ketipung (panepak), dua buah ketibung (ketipung besar), sepasang bongo, cowbells, drum bass, dan seperangkat simbal yang terdiri atas sebuah ride, crash, splash, dan china.



12. Jimbe
Jimbe adalah sejenis alat musik ketipung yang terbuat dari kulit. Dalam jaman sekarang, jimbe banyak dijumpai dalam musik aliran reggae. Pembawaannya yang menarik membuat alat musik ini enak didengar jika dipadukan dengan alat musik yang lain.







13. Tambur
Tambur merupakan alat musik yang berasal dari Turki. Terbuat dari kulit dan digunakan dalam percussion music. Selain itu, tambur juga dihiasi ornamen-ornamen khas Turki dan juga memiliki diameter sekitar 30 – 40 cm.






Bagaimana Membranophones Kerja
Membranophones, yang telah ada dalam beberapa bentuk selama lebih dari 4000 tahun, adalah instrumen yang membuat suara ketika bergetar kulit menggeliat. Usually a membranophone is a drum which makes a sound when the membrane is hit. Biasanya membranophone adalah drum yang membuat suara ketika membran terkena. Hands or drumsticks are typically used to strike the skin. Tangan atau stik drum biasanya digunakan untuk menyerang kulit. Some drums can be set to different pitches by tightening or loosing the tension on the skin. Beberapa drum bisa di set untuk titinada yang berbeda dengan mengencangkan atau kehilangan ketegangan pada kulit.
Ada empat tipe dasar drum:
1.) drum Gesekan - membran bergetar ketika string ditarik melalui itu, membran tidak memukul drum Gesekan - membran string bergetar ketika ITU ditarik Canada, regular tidak membran tersebut dipukul
2.
) Frame drum --- satu atau dua membran yang terbentang di atas bingkai seperti rebana atau bass drum Frame drum --- Satu atau membran doa Yang terbentang di tetap Permanent bingkai rebana Pembongkaran bass atau drum
3.
) Kapal drum - membran adalah membentang di kapal seperti genderang drum Kapal - membentang membran adalah di Kapal Pembongkaran Yang genderang
4.
) drum Tubular - membran ditarik lebih dari satu atau kedua ujung bentuk tabung. drum Tubular - membran atau lebih ditarik kedua Dari Satu Ujung tabung Bentuk. drum Tubular sering diklasifikasikan oleh bentuk tubuh mereka drum Tubular diklasifikasikan mereka Dibuat Sering Bentuk tubuh
a.
) Barrel - drum dengan sisi menggembung seperti conga drum Barrel - drum Sisi Artikel Baru menggembung Pembongkaran conga drum
b.
) Kerucut - drum yang kepalanya lebih besar dari basis Kerucut - drum Yang lebih Besar Dari kepalanya dasar
c.
) Silindris - drum dengan tubuh, panjang dan sempit dan lurus, bahkan sisi, seperti timbales Silindris - drum sempit Artikel Baru, tubuh Yang lurus dan Panjang, Sisi bahkan, timbales Pembongkaran
d.
) Berpinggang - drum yang lebih sempit di tengah dari pada kedua ujung Berpinggang - drum Yang lebih sempit di Tengah Dari PADA Ujung kedua
e.
) Piala - drum yang berdiri di atas dasar Piala sempit - drum Yang berdiri PADA sempit ditempatkan Yang
f.
) Kaki - drum dengan kaki diukir dari perusahaan badan Kaki - drum Artikel Baru Dari tubuhnya diukir kesemek
g.
) Panjang - drum yang panjangnya secara signifikan melebihi Panjang diameter drum - Yang panjangnya diameternya Secara signifikan melebihi.
Juga Kazoo conisidered membranophones ANTARA KARENA suara mereka Yang mereka hasilkan adalah Hasil Dari menggeliat bergetar suatu membran. Kelas ini instrumen disebut "mirlitons." Instrumen Suami Kelas disebut "mirlitons."

0 komentar: